fbpx

7 Elemen Ekosistem Bisnis

7 elemen ekosistem bisnis
25
Mar

7 Elemen Ekosistem Bisnis

Saat memulai usaha di tahun 1998, mas Jaya Setiabudi sangat sulit memahami seperti apa bisnis itu. Seolah masuk ke lorong yang gelap, tak tahu ada apa di depan, kiri, kanan, belakang, atas dan bawah. Buku dan seminar bisnis tak sesemarak saat ini. Jika Anda merasakan hal itu juga, semoga inilah jawabannya

Mas Jaya Setiabudi membuat model Ekosistem Bisnis yang sederhana ini, supaya dapat membantu pengusaha pemula memahami, siapa saja yang menjadi bagian dalam bisnis Anda yang patut dipertimbangkan. Sehingga memudahkan bagi Anda untuk merancang strategi bisnis Anda

  1. Perusahaan
    Dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Apa yang Anda tawarkan kepada mereka? BENEFIT, baik Rasional/fungsional maupun Emosional.
  2. Distributor
    Bentuknya penjual langsung, franchisee, reseller, affiliate, atau pergudangan. Intinya membantu mendistribusikan produk/jasa Anda.
  3. Konsumen
    Pahamilah apa yang mereka inginkan atau butuhkan dan jadikan itu sebagai benefit yang Anda tawarkan, kemudian komunikasikan dalam slogan (positioning).
  4. Kompetitor
    Bersainglah secara sehat. Pelajari pola sukses mereka (terutama yang se-value). Kenapa konsumen ‘harus’ memilih produk Anda dibanding kompetitor? Apa keunggulan produk kompetitor dibanding milik Anda?
  5. Alternatif
    Mereka menjual produk yang seolah sangat berbeda dengan Anda, namun memberikan solusi alternatif yang dibutuhkan oleh konsumen. Misal baso vs warteg
  6. Key Partner
    Seperti supplier, vendor, outsourcing, crowdsourcing. Yang intinya adalah perusahaan, individu, atau komunitas diluar perusahaan, namun berperan penting men-support usaha Anda.
  7. Investor
    Sebaiknya saat mulai berbisnis, gunakanlah uang pribadi. Saat pengembangan bisnis, baru memasukkan pemodal untuk akselerasi perusahaan, itupun jika mendesak. Investor adalah perorangan atau institusi yang memberikan dukungan berupa uang, barang atau support lainnya yang diperlukan oleh perusahaan, dengan imbalan saham atau bagi hasil.

Mari diskusi lebih lanjut seputar bisnis di ECAMP 163 Bandung, 30 Maret – 1 April 2021.
Klik disini untuk langsung mendaftar!

Leave a Reply

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Hello, Ada yang bisa kami bantu?