fbpx

Cara Riset Produk untuk Bisnis

cara-riset-produk
28
Feb

Cara Riset Produk untuk Bisnis

Bingung mau buat produk apa..?? Riset produk ini itu tapi belum ada yang cocok? Daripada sekadar ATM (amati tiru modifikasi), mending buat sesuatu yang baru. Tapi jangan ngasal juga. Tidak sulit, bisa dengan menggabungkan 2 produk yang sudah umum.

Rumusnya: Produk Generik + Produk Generik = PRODUK UNIK

Masih ingat dengan kata:

  • Be the first
  • Be the best
  • Be different

Nah ini bagaimana penerapannya..?? Kalau seandainya kita ada dalam kondisi yang tidak ada pesaing namun demand banyak, dan kita menghadirkan produk yang memberikan solusi untuk memenuhi demand tersebut, maka bisa kita jadi the first. Dan orang biasanya akan selalu ingat brand kita dalam waktu yang lama meskipun nanti banyak pesaing di kemudian hari.

BACA: Mental Kaya Si ‘Tukang Bakso’

Contohnya seperti merek Aqua dan odol yang selalu disebut saat kita mau beli pasta gigi, tapi belinya malah pepsodent.Tapi susahnya jadi be the first itu di awal adalah saat mengedukasi pasar. Tahu tidak cerita Aqua yang dulu ditolak mentah-mentah oleh masyarakat karena belum mengenal minuman kemasan..?? Kemudian jika para kompetitor sudah mulai berdatangan, kita bisa menggunakan tools yang kedua yaitu simply marketing. Simply marketing berbicara mengenai strategi untuk menjadi yang lebih baik atau menjadi yang terbaik. Kita cari dan break down apa yang betul – betul diinginkan target pasar, lalu petakan skor angka dari kompetitor.

Nah kita masuk ke kategori yang kompetitor lemah disitu namun hal itu dibutuhkan oleh target pasar, kita buat keunggulan dalam hal tersebut. Sehingga kita bisa membuat positioning dari produk kita untuk selanjutnya ditanamkan dalam benak target pasar. Di sinilah kita bisa menjadi the best. Masalahnya jika semua sudah menjadi the first dan the best, dan kita tidak mungkin menang dalam persaingan tersebut karena sudah terlalu ketat, apa yang mungkin kita lakukan..??

Gunakan tools yang ketiga untuk riset produk yaitu matrix blue ocean. Kita mencari atau menciptakan sesuatu yang berbeda, yang tidak mungkin dibandingkan dengan kompetitor. Kuncinya, hilangkan atau kurangi hal-hal atau cost yang tidak efektif yang tidak diperlukan oleh target pasar. Sedangkan valuenya kita tingkatkan, harus lebih baik daripada kompetitor.

Yuk diskusi lebih lanjut di ECAMP 163 Bandung, 19 – 21 Maret 2021.

Klik disini untuk langsung mendaftar!

Leave a Reply

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Hello, Ada yang bisa kami bantu?