Blog

24
Oct

4 Jurus Jitu Menjaga Reputasi Bisnis

4-jurus-jitu-menjaga

Eh Sobat, kalau ada pertanyaan “samakah menjalankan bisnis onlinedibandingkan bisnis offline”?Jawabannya tentu bedalahya J. Dalam bisnis online, kepercayaan menjadi hal yang paling penting yang harus ditumbuhkan di hati konsumen Sobat. Mengapa demikian? Karena dalam menjalankan bisnis online antara Sobat dengan konsumen tidak saling bertatap muka secara langsung, sehingga hubungan antara keduanya harus tetap terjaga. Penting bagi Sobat membangun koneksi dengan konsumen. Meskipun konsumen tersebut sudah melakukan pembelian ataupun hanya sekedar bertanya mengenai produk Sobat. Dengan banyaknya citra positif yang didapat dari konsumen, maka Sobat akan jauh lebih mudah membangun koneksi yang baik dengan konsumen.

Jayson DeMers, seorang konsultan media sosial mengungkapkan ada empat jurus jitu agar Sobat bisa menjaga reputasi bisnis Sobat di media sosial.

Berikan informasi yang tepat
Agar informasi yang Sobat sampaikan tepat dan menuju sasaran, maka di saat Sobat menulis, sharedan posting, Sobat harus memiliki prinsip. Prinsip tersebut yaitu value,quality, dan context. Value artinya postingan itu memilik ini laiin formasi yang bermanfaat. Context artinya tidak sekedar bermanfaat, tapi juga harus tepat sasaran pembacanya, dan tepat suasana atau momennya. Dan yang paling penting adalah bagaimana Sobat bisa memberikan posting informasi yang berkualitas. Percuma saja Sobat memberikan banyak postingan namun posting tersebut tidak memiliki kualitas sama sekali, misalnya mengandung banyak typo-errors, atau mengandung terjemahan yang salah kaprah (karena terlalu mengandalkan GoogleTranslate misalnya).

Bersikap transparan
Maraknya penipuan di media sosial sudah bukan rahasia umum lagi. Ini salah satu alasan mengapa banyak konsumen yang ragu-ragu untuk berbelanja online.Pembeli mengharapkan kejujuran dari penjual online. Dan Sobat sebagai penjual online harus mampu meyakinkan pembeli bahwa Sobat adalah seorang penjual yang memiliki reputasi yang baik, sehingga Sobat dapat dipercaya pembeli. Kejujuran dan transparansi sangatlah disukai dan diharapkan oleh semua orang. Inilah yang perlu ditanamkan dalam bisnis online Sobat. Sobat harus bisa bersikap jujur, transparan, dan rendah hati dalam mengakui kesalahan, sehingga citra positif akan nampak di mata pembeli.

Membangun komunikasi dengan calon pembeli
Penting bagi Sobat untuk menjalin kedekatan dengan konsumen atau pengunjung situs Sobat. Agar lebih mudah membangun koneksi, berikut ini ada beberapa cara membangun koneksi dengan calon pembeli.

Memberi informasi lebih kepada konsumen dengan membagikan tautan-tautan (links)di media sosial Sobat.
Memberi solusi atas pertanyaan konsumen, meskipun pertanyaan tersebut bukan ditujukan kepada Sobat.
Menyediakan wadah agar konsumen dan Sobat bisa saling diskusi.
Meminta feedback kepada konsumen mengenai produk yang Sobat tawarkan.

Menjadi “superstar” di media sosial
Saat Sobat menjual sesuatu, tentunya Sobat selalu memiliki kompetitor. Apalagi kompetitor bisnis online lebih banyak dibandingkan bisnis offline. Lalu bagaimana caranya agar konsumen bisa lebih melihat keberadaan Sobat dibandingkan kompetitor produk sejenis lainnya?

Sobat harus selalu terhubung secara konsisten dengan banyak pembeliatau konsumen lainnya.
Tanggapi komentar, pertanyaan, kritik atau feedback yang diberikan oleh konsumen.
Selalu aktif di media sosial, namun bukan berarti menjadi spammer.
Selalu menyebarkan konten yang berbobot dan berkualitas.
Sumber : http://netpreneur.co.id/

Leave a Reply